Kamis, 10 November 2011

OCTG - Apa sih yang dimaksud dengan OCTG??

Mungkin banyak yang masih belom tau apa itu OCTG yang menjadi main business di perusahaan tempat saya bekerja. OCTG adalah sesuatu yang sangat penting dan pasti dibutuhkan dalam setiap pengeboran minyak, gas maupun geothermal.  OCTG merupakan singkatan dari Oil Country Tubular Goods. OCTG terdiri dari 3 produk, yaitu Drill Pipe, Casing dan Tubing Pipe.
Drill Pipe (DP) adalah pipa yang digunakan pada saat pengeboran berlangsung, dimana pipa tersebut berfungsi sebagai penyalur/mengalirkan lumpur pemboran kedasar sumur agar sisa2 batuan yang hancur akibat dari pengeboran dapat terangkat ke permukaan.
Contoh gambar DP :

Casing adalah pipa yang dimasukkan ke dalam sumur setelah sumur dibor untuk kemudian dilakukan penyemenan agar dinding sumur yang telah dibor tersebut tidak runtuh dan menutup kembali sumur tersebut.
Contoh gambar Casing:

Tubing adalah pipa terakhir yang dimasukkan, dimana sumur telah diketahui mempunyai kandungan minyak yang bisa diproduksi. Tubing berfungsi sebagai pipa yang mengangkat fluida (minyak/gas/uap panas) ke permukaan dengan bantuan pompa ataupun dengan tenaga alami akibat dari perbedaan tekanan didalam sumur dengan tekanan permukaan.
Contoh gambar Tubing:

Cara pembuatan pipa tersebut terbagi menjadi:
1. Pipa yang berasal dari logam baja padat (billet) dengan diameter tertentu yang kemudian dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi kemudian dibolongi tengahnya dengan diameter tertentu menggunakan besi padat, sehingga membentuk pipa tanpa las/sambungan atau biasa disebut Seamless Pipe. Biasanya seamless pipe digunakan didalam sumur yang mempunyai tekanan cukup tinggi.




2. Pipa yang berasal dari lempengan baja yang ditekuk kemudian dilas dibagian tengahnya sehingga membentuk pipa. Pipa ini biasa disebut dengan ERW Pipe. Pipa ERW digunakan untuk tekanan yang rendah dikarenakan adanya las-lasan ditengah yang bisa mengakibatkan pecahnya pipa bila mendapatkan tekanan yang tinggi.

Untuk sementara, segitu dulu yang dapat saya berikan. Masih banyak lagi dipikiran saya yang belum tertuang ke blog ini. Akan saya lanjut lagi tulisan2 saya secepatnya kalau ada waktu senggang lagi :)

2 komentar:

  1. Pipa Casing dan Tubing tekanan tinggi peruntukannya untuk pengeboran minyak dan gas

    BalasHapus
  2. API 5L line pipe seamless in various grades and sizes. OCTG pipe

    BalasHapus