Selasa, 11 Desember 2012

Cara Kebanyakan Manusia Menilai Manusia Lain

Dah lama juga ternyata ga nulis dimari. Jadi kangen ama blogku. 

Kali ini mau ngebahas masalah yang sering terjadi antara kita sesama manusia. Sebenernya tulisan ini berdasarkan ceramah beberapa hari yg lalu oleh Ustadz Arifin Ilham di TVRI ( TV andalan di taon 80an :D ).

Jadi ada sebuah cerita, dimana seorang Bapak melakukan riset kecil2an bersama anaknya. Yaitu riset bagaimana reaksi orang2 sekitar terhadap kita, apakah selalu menilai yang baik ataukah menilai buruknya seseorang.


Bapak dan Anak ( It's me and Leon :D )

Pada suatu hari, si Bapak mengajak anaknya keluar rumah dengan menggunakan keledai yang kecil. Kemudian Bapak bertanya, dengan keledai ini, siapakah yang berhak menaikinya. Kemudian Anaknya menjawab, Bapaklah yang harus menaikinya, karena saya harus berbakti kepada Bapak, maka saya yang akan menuntun keledainya.
Kemudian mereka keluar rumah, lalu orang2 sekitar pun bereaksi dan berkata "Sungguh itu orang tua tidak tau diri, masa anaknya yang masih kecil disuruh nuntun keledai, sedangkan dia enak2an duduk diatasnya"

Keledai


Keesokannya mereka berganti posisi, anak diatas, Bapak yang menuntun. Begitu keluar, mereka pun kembali dicerca "Sungguh anak yang durhaka, masa anaknya enak2an duduk diatas, sedangkan Bapaknya menuntun dibawah"

Esoknya mereka ganti lagi, kali ini dua-duanya naik keledai, namun mereka pun kembali dicerca "Sungguh mereka keluarga yang tidak punya hati, masa keledai sekecil itu dinaiki berdua"

Esoknya lagi Bapaknya pun bilang bahwa ini adalah hari terakhir, dan mereka pun keluar sambil menggendong keledai, maka orang2 disekitar mereka pun tetap mencerca "Sungguh gila keluarga itu, masa keledai yang naik mereka, bukan mereka yang naik keledai"

Ghibah/Gossip

Kemudian sang Bapak pun menyimpulkan kepada anaknya "Anakku, kau sudah lihat semua, bagaimana kebanyakan manusia hanya melihat sisi jelek dari orang lain. Kita tidak boleh seperti itu, bisa jadi yang orang lain lakukan tersebut memang merupakan hal terbaik yang dia lakukan. Selain itu, kita harus tetap istiqomah (konsisten) atas apa yang kita lakukan, selama kita merasa itu adalah benar. Kita tidak perlu memusingkan apa yang dikatakan orang lain terhadap kita. karena bila kita mengikuti perkataan orang lain maka tidak akan ada habisnya"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar